Bahasa inggris merupakan bahasa utama yang digunakan oleh berbagai negara saat ini. Bahasa internasional yang kini menjadi kebutuhan bagi setiap orang yang ingin memiliki karier yang bagus. Jangan berkecil hati buat kamu yang merasa kemampuan bahasa inggrisnya rendah. Juga buat yang merasa berat dalam belajar dan tidak punya uang yang cukup untuk ikut les bahasa inggris.

Karena, kami punya beberapa cara asyik untuk melatih kemampuan bahasa inggris kamu !

(1) Duet bareng penyanyi luar

Ini cara paling asyik dan tanpa kita sadari melatih kemampuan kita dalam berbahasa inggris. Pilih salah satu lagu yang kamu sukai (tentunya yang berbahasa inggris, ya), cari liriknya, dan nyanyikan lagunya. Diawal bernyanyilah bersama lagunya (berasa duet sama idola gitu), jadi kamu tahu pelafalan kata-katanya yang benar. Baru deh, kamu bisa karokean sendiri.

Oiya, latihan ini hanya untuk melatih pelafalan (speaking) dan menambah kosakata (vocabulary). Untuk grammar, gak disarankan berpatokan dari lirik lagu. Karena lirik lagu biasanya diciptakan dengan mengutamakan rima dan nada, bukan grammar-nya. Jadi jangan bingung kalau menemukan lirik lagu yang grammar-nya kurang sesuai dengan kaidah.

(2) Menonton Film dengan subtitle bahasa inggris

Nah ini juga cara yang fun, tapi membutuhkan niat untuk belajar dari kamu. Kalau biasanya kita mengharapkan subtitle bahasa Indonesia, kini mulailah belajar untuk menggunakan subtitle bahasa inggris. Bila kamu menonton sebuah film dan menemukan kalimat-kalimat yang tidak kamu mengerti, kamu bisa pause, dan mencari artinya dahulu di dalam kamus.

Memang sih seminggu dua minggu akan kesusahan, tapi setelah itu…. Dijamin deh kemampuan bahasa inggris kamu akan melesat naik.

Bila sudah lancar, coba untuk menonton film tersebut tanpa subtitle. Hehe, ini tantangan baru yang bisa melatih pendengaran sekaligus pemahamanmu akan bahasa inggris. Katanya sih, latihan satu ini bisa mempertajam kemampuan bahasa inggris-mu hingga belasan kali lebih cepat dari sebelumnya.

(3) Membaca buku bahasa inggris

Kalau buku terlalu ‘jauh’ dan ‘sulit’, kamu bisa beralih ke e-book bahkan wattpad. Sama halnya dengan menonton menggunakan subtitle, kamu bisa menjeda bacaan kamu dan membuka kamus dulu bila menemukan berbagai istilah yang tidak kamu pahami. Ini juga membantu melatih grammar kamu, karena kalimat-kalimat di buku lebih berpadanan dengan grammar dibanding media lainnya.

(4) Berbicara bahasa inggris

Nah, kalau yang ini dibutuhkan teman berbicara. Jadi alangkah lebih baiknya bila kamu mengajak teman-teman kamu untuk berlatih bersama. Bisa juga kamu gabung di klub bahasa inggris yang akan melatih kemampuan berbicara kamu.

Bisa juga kamu berlatih dengan membaca teks yang sudah ada berkas audionya. Jadi kamu bisa membedakan pelafalan yang benar dan mana yang masih sering salah kamu ucapkan.

(5) Menulis dalam bahasa inggris

Gak melulu harus karya ilmiah atau teks naratif kok. Kamu bisa mulai dengan menulis diary atau perasaan kamu ke dalam bahasa inggris. Bahkan lebih simpelnya kamu bisa berlatih menulis caption berbahasa inggris. Tapi ya siap-siap menerima koreksi dari teman-teman kamu, ya.

Kamu bisa juga mulai menyisipkan kalimat-kalimat bahasa inggris ketika chatting bersama teman-teman kamu. Bila dikatain ‘sok bule’, kamu bisa menjelaskan kepada mereka bahwa kamu sedang berlatih kemampuan bahasa inggris kamu. Bisa jadi mereka tertarik dan ingin ikutan berlatih.

(andre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here