SKIP CHALLENGE (KETIKA SEBUAH KEBODOHAN MENJADI TREND)


Minggu-minggu ini dunia pendidikan digemparkan dengan sebuah trend di kalangan para masyarakatnya. Melihat video dan berbagai foto siswa SMA dan SMP melakukan sebuah permainan. Tapi mirisnya permainan ini membuat kita yang menyaksikannya menganga dan merutuk kebodohan yang sedang terjadi.

Nama permainnya adalah Skip Challenge. Permainan yang disebut juga choking game atau pass out challenge ini bener-bener bikin geger media sosial. Soalnya permainan yang lagi ngetrend ini bisa menyebabkan kematian.

Skip-Challenge

Permainan ini biasanya dimainkan secara berkelompok (lebih dari satu orang). Tujuan dari permainan ini adalah untuk menghilangkan ‘kesadaran’ si pemain dengan cara mengurangi asupan oksigen ke otak. Katanya sensasi nyaris kehilangan ‘kesadaran’ ini mirip dengan sensasi fly (mengawang) yang diberikan obat adiktif atau minuman keras. Makanya game ini bertujuan untuk membuat si pemain lemas dan kejang-kejang karena tubuhnya kekurangan oksigen.

Gila banget kan ?

Cara mainnya pun mengerikan ! Dari video beredar, tampak si pemain menyilangkan tangan di dada serta menyenderkan diri ke tembok. Setelah itu, teman-temannya siap menekan dada temannya tersebut hingga si teman sesak napas, lalu jatuh lemas dan kejang-kejang karena kekurangan asupan oksigen. Muke gile..

Skip-Challenge-bisa-berakibat-fatal

Permainan ini berasal dari Amerika dan sudah ada sejak tahun 1934. Cara mainnya pun berbeda-beda, ada yang menggunakan tempat pengap, ada yang menggunakan teknik bernapas, dsb. Tapi tujuannya sama, untuk menghilangkan kesadaran sekejap. Bahaya permainan ini bukan omong kosong belaka loh, karena sejak tahun 1934, hampir 1000 orang meninggal karena permainan ini.

Skip-Challenge.

Sekarang sih bukan karena ‘sensasi’ atau sekedar mainan diwaktu senggang. Permainan skip challenge ini dilakukan kebanyakan remaja karena mengikuti trend sosial. Yap, terseret dengan trend yang ada, sehingga tidak lagi melihat dengan pikiran yang jernih. Ingin gaul dan viral di media sosial, jadi deh permainan yang membahayakan ini dilakukan.

Jangan anggap remeh dengan permain ini, karena bahaya banget dengan tubuh terutama otak kita !!

“Ini isu baru dan anak-anak kadang-kadang punya inovasi yang aneh-aneh. Padahal otak kita dalam waktu 8 detik tidak mendapatkan oksigen, bisa terjadi kerusakan pada sel-sel otaknya,”

jelas dr Eni di Gedung Kemenkes RI, Kuningan, Jakarta Selatan.

Akibat dari rusaknya sel otak, kita bisa kehilangan kemampuan berpikir, syaraf kita juga bisa terkena efek samping yang bisa menyebabkan kematian.

Bahaya ini juga yang mendorong Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Budaya) mengirim instruksi kepada sekolah-sekolah berisi larangan terhadap permainan Skip challenge yang berbahaya ini.

Jadi buat kamu yang suka banget dengan hal-hal nge-trend, mending gunakan pikiran dan stop ikut-ikutan hal yang buruk seperti ini. Daripada sibuk membuat dan mencari sensasi, kenapa tidak fokus untuk menciptakan prestasi ? (andre)

Eksislah dengan prestasi

bukan karena sensasi

 

What's Your Reaction?
Cry Cry
1
Cry
Cute Cute
0
Cute
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
1
Dislike
Lol Lol
0
Lol
Like Like
0
Like
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SKIP CHALLENGE (KETIKA SEBUAH KEBODOHAN MENJADI TREND)

log in

Become a part of our community!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join Komunitas Anak SMA

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Meme
Video
Audio
Image
All for Joomla All for Webmasters