SELESAI SMA MAU NGAPAIN ?


Banyak diantara kita yang masih SMA sering bingung bila ditanyakan rencana kita setelah lulus.

Beberapa ada yang menjawab dengan pasti, gak sedikit yang masih menggeleng malu-malu.

Mungkin buat lulusan SMK hampir seluruhnya memiliki keinginan untuk langsung bekerja, walaupun tidak sedikit juga yang ingin melanjutkan pendidikan terlebih dahulu.

Tapi buat lulusan SMA, apa yang akan dilakukan setelah lulus merupakan pertanyaan yang cukup kompleks buat dijawab.

Well guys, mengutip quotes dari Benjamin Franklin nih,

If you fail to planyou are planning to fail.”

Jika kamu gagal dalam perencanaan, kamu sedang berencana untuk gagal.

Widihhh serem ugak ya.

Ada juga yang bilang “ya ikuti takdir dari Yang Diatas aja lah.”

Wow, itu lebih seram lagi. Ingat, merencanakan sesuatu bukanlah melangkahi kehendak Tuhan. Kita berencana, berusaha lalu menyerahkan kepada-Nya, thats the true step. Jadi, yap, kita butuh bangett namanya buat berencana.

Kalau mimpi atau keinginan seperti awan yang mengambang di atas langit, maka rencana adalah hal-hal yang bisa kita sentuh dan bisa kita rasakan perkembangannya.

(1) Kerja

Banyak yang ingin bekerja setelah lulus SMA dengan alasan tidak memiliki biaya untuk kuliah. Well, sekarang itu banyak banget yang namanya beasiswa untuk membiayai kita kuliah. Bahkan pemerintah memiliki program bidik misi yang pastinya ngebantu banget buat kita yang tidak memiliki biaya namun ingin kuliah.

Tapi bila kamu memang ingin membantu orangtua kamu, ya tidak ada salahnya. Tapi jangan sampai keinginan untuk lanjut kuliah pupus hanya karena pekerjaan.

Ga sedikit juga yang memang memiliki passion dalam pekerjaan dan memilih untuk meniti karir di dunia kerja dulu, barulah melanjutkan perkuliahan. Ya, theres nothing wrong about that. Tapi yang perlu kita ketahui, apapun status kita, apapun yang kita kerjakan, jangan sampai kita berhenti buat belajar.

(2) Kuliah

Bila yang menjawab ingin kuliah, kamu juga sebaiknya sudah punya gambaran ingin kuliah apa dan dimana. Ingat lulusan setiap tahun itu hampir selalu bertambah, maka dari itu bangku universitas bener-bener sesuatu yang harus kita capai dengan kerja keras. Buat yang kelas tiga SMA mungkin sudah punya gambaran mau kemana nantinya.

Tapi nih ya, alangkah lebih baiknya untuk mempertimbangkan dan mencari tahunya sejak kelas 1 SMA. Soalnya banyak yang mulai mencari tahu di kelas tiga akhirnya kurang persiapan dan terkesan maksa ‘asal kuliah’. Jadi be prepare guys !

Cari tahu sejak dini potensi dan passion kamu di bidang apa. Dari yang sederhana aja, misalnya pelajaran yang kamu sukai dan ingin kamu perdalam. Kamu juga bisa mencari tahu pekerjaan apa yang kira-kira menarik perhatian kamu, sehingga kamu bisa mulai fokus pada pelajaran tersebut dari kelas 1 SMA.

Percaya deh, segala persiapan dan kerja keras akan selalu membuahkan hasil.


Nah, gimana ? Buat kamu yang kelas 1/2 SMA nih terutama… Udah ada gambaran ga ?

Buat yang belum, kuy mulai dirancang sejak sekarang. Kamu punya internet untuk nge-google dan kamu bisa membicarakannya ke orangtua, guru, teman bahkan alumni-alumni sekolah kamu. Gali potensi kamu dan kenali passion kamu sedini mungkin ^^

(andre)

What's Your Reaction?
Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
1
Cute
Damn Damn
1
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Lol Lol
1
Lol
Like Like
1
Like
Love Love
1
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SELESAI SMA MAU NGAPAIN ?

log in

Become a part of our community!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join Komunitas Anak SMA

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Meme
Video
Audio
Image
All for Joomla All for Webmasters