MANFAAT MEMBACA BAGI KAMU YANG MAU MASUK STAN


“Anda ini adalah tiang negara Indonesia. Dan sebagai tiang sudah seharusnya memiliki karakter yang kuat. Bila anak STAN kehilangan karakter, maka begitu juga negara Indonesia.”

Pernyataan tegas tersebut disampaikan oleh Bu Sri Mulyani pada kesempatannya mengajar kuliah umum di PKN STAN di bulan april 2017 lalu.

Begitulah pandangan Bu Menteri Keuangan terhadap kampus PKN STAN. Lulusan kampus yang memang dijuluki sebagai kampus para calon punggawa keuangan ini, memang diharapkan untuk memiliki kemampuan yang kompeten dan baik untuk nantinya mengabdi kepada kementerian negara.

“You think, you learn, you Read.” Lagi kata Bu Sri Mulyani.

Beberapakali, Bu Sri juga kerap menyinggung pentingnya anak STAN untuk terus memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan, dari berdiskusi, belajar dan membaca buku. Ya, Bu Sri menekankan bahwa penting sekali bagi mahasiswa/I untuk membaca buku demi memperdalam ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Di bawah ini, ada beberapa manfaat yang menjadi alasan kenapa setiap anak STAN perlu sekali memiliki kebiasaan membaca buku.

  • Memperdalam ilmu pengetahuan

“Buku adalah jendela dunia” pepatah tersebut mungkin sudah sering kita dengar selama masa kita bersekolah. Walaupun zaman sudah modern, dan internet sudah merajalela, kegiatan membaca tetap memegang peran penting dalam mempercerdas setiap insan. Ga melulu buku yang ada di perpustakaan, berbagai jurnal ilmiah, text book hingga artikel yang kompeten bisa kita dapatkan melalui internet saat-saat ini. Bu Sri dalam kuliah umum menekankan bahwa penting sekali bagi mahasiswa/I STAN untuk menjaga rasa haus akan ilmu pengetahuan. Beliau juga menekankan bahwa membaca dan mempelajari textbook dan berbagai sumber literature adalah cara yang bisa dilakukan anak STAN untuk memperdalam ilmunya.

  • Mengasah pikiran

Bila makanan adalah sumber energi bagi tubuh, maka buku yang kita baca adalah makanan bagi pikiran kita. Mereka yang tidak suka membaca, akan mudah lelah ketika belajar. Sedangkan bagi mereka yang terbiasa membaca, kegiatan belajar akan menjadi lebih mudah karena pikiran dibiasakan untuk melakukan kegiatan membaca. Dalam sebuah studi yang diadakan oleh sebuah institusi di luar negeri, Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara dari soal minat baca. Walaupun keberadaan buku di Indonesia sudah cukup baik, tapi daya baca masyarakan dinilai masih rendah. Itu mengapa, ga sedikit masyarakat yang gampang terhasut oleh berita-berita hoax dengan judul clickbait yang menjebak. Kebanyakan hanya melihat judul dan termakan hasutan tanpa mau meluangkan waktu mencari kebenaran dan membaca artikel yang berbobot.

  • Membuka pikiran

Memang benar kata pepatah, semakin banyak belajar kita akan merasa semakin bodoh. Hal ini berarti, semakin kita banyak membaca, kita akan tahu bahwa begitu banyak ilmu yang masih harus kita pelajari di bumi ini. Itu mengapa membaca buku penting banget dalam membantu kita untuk membuka pikiran dan wawasan. Dengan membiasakan diri membaca, pikiran kita akan semakin tajam dan meningkatkan kemampuan analisa kita. Sehingga, ketika ada sebuah masalah kita ga buru-buru menghakimi, tapi kita akan dengan mudah berpikir secara luas ketika dihadapkan dengan sebuah masalah.

  • Meningkatkan daya bicara dan daya tulis

Berkuliah dalam lingkungan kementerian, membuat anak-anak STAN harus tanggap terhadap problema-problema yang terjadi di tanah air. Banyak masyarakat yang memiliki ekspektasi tinggi terhadap kemampuan anak-anak STAN terutama dalam pandangannya melihat berbagai kebijakan-kebijakan pemerintah yang ada. Dengan membaca, anak STAN akan dapat mengetahui berbagai informasi secara benar dan akurat. Hal ini nantinya akan membantu anak-anak STAN untuk memiliki daya pikir yang kuat dan nantinya akan mempengaruhi apa yang akan dibicarakan nantinya. Di samping itu, Kebiasaan membaca juga akan meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengerjakan sebuah karya tulis. Semakin berbobot buku-buku yang kita baca, maka segala sesuatu yang dihasilkan oleh pikiran kita (baik lisan dan tulisan) akan semakin berkualitas pula.

  • Mudah dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian

Kebanyakan buku literatur yang digunakan oleh dosen STAN adalah buku-buku yang berasal dari luar negeri, seperti buku Kieso, Arens, hingga berbagai buku dan undang-undang yang berasal dari dalam negeri. Ga sedikit juga dosen yang menggunakan buku asli dan bukan terjemahannya ketika di dalam kelas. Bila anak STAN tidak terbiasa membaca, maka buku-buku tersebut akan berat sekali rasanya untuk dipelajari. Namun, bila anak STAN terbiasa untuk membaca, buku-buku tersebut akan mudah untuk dicerna dan dinikmati. Itu mengapa penting banget buat anak STAN dalam memiliki kebiasaan membaca.


Hehe, sebenarnya sih ga harus buat kamu yang mau masuk STAN. Mau apapun yang kamu lakukan ke depan, kegiatan membaca itu sangat besar manfaatnya lho ! Hihi, makanya jangan lupa untuk terus membaca ya ^^

What's Your Reaction?
Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
0
Cute
Damn Damn
1
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Lol Lol
0
Lol
Like Like
0
Like
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MANFAAT MEMBACA BAGI KAMU YANG MAU MASUK STAN

log in

Become a part of our community!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join Komunitas Anak SMA

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Meme
Video
Audio
Image
All for Joomla All for Webmasters