MENJADI LEBIH BAIK DENGAN 3 KATA SEDERHANA


Menjadi lebih baik adalah tugas utama seorang manusia. Ada yang bilang bahwa manusia akan berhenti ‘hidup’ bila manusia berhenti belajar dan berhenti menjadi lebih baik. Nah, buat kita yang para remaja di masa labil yang tentunya penuh dengan berbagai drama (hehe), sulit banget rasanya menjadi seseorang yang baik. Kelihatannya lebih mudah untuk menjadi orang yang kasar dan nyebelin, iya ga sih ?

ANAKSMA ingin mengajak kamu untuk menjadi remaja yang lebih baik dengan menggunakan tiga kata yang walaupun terdengar sederhana, tapi memiliki power untuk membantu kamu menjadi manusia yang leih baik.

Apa-apa aja sih kata-kata itu ?

(1) “Thankyou.” “Terimakasih”

Sederhana banget sebenarnya. Namun, coba deh ingat-ingat lagi, seberapa sering kamu mengucapkan terimakasih ketika kamu dibantu oleh teman kamu ? Hmm… Kebanyakan dari kita sering banget mengabaikan perkataan ini. Misalnya waktu kita meminjam pena ke teman dan mengembalikannya. Tanpa kita sadari, kita sering lupa loh untuk mengucapkan terimakasih. Bahkan di saat sepele seperti ketika teman kita membantu mengambil pena kita yang jatuh… Hihi, sering lupa kan untuk berkata ‘terimakasih ‘ ?

Padahal ketika kita mengucapkan kata ‘terimakasih’, ditambah senyum cemerlang, teman kamu pasti bakal merasa ikut bahagia karena sudah membantu kamu. Akhirnya, orang-orang bakal senang deh ngebantu kamu. Maka dari itu, berlatihlah dari hal yang sepele. Royallah dalam mengucapkan kata ‘terimakasih’. Bahkan sama orangtua kita, hihi, sering banget kita kelupaan ngucapin terimakasih, padahal kata ‘terimakasih’ itu merupakan bentuk apresiasi seseorang loh.

(2) “Please” “Tolong..”

Mengucapkan kata ‘tolong’ merupakan hal yang etis banget, apalagi bila kamu sedang meminta bantuan. Namun, hal ini pun ga jarang kita lupakan loh. Hihi, coba deh ingat-ingat, sering gak sih kita minta bantuan teman tanpa ada kata atau embel-embel ‘tolong dong…’ atau sejenisnya.

Ya kan ? Padahal, mengucapkan kata ‘tolong’ itu simple banget. Dengan kamu mengucapkan kata itu ketika meminta bantuan, orang akan lebih ‘sreg’ untuk membantu kamu. Soalnya ga jarang juga kan ya kita nyinyirin orang yang minta tolong ke kita tapi ga ada minta tolong alias langsung nyuruh. Hehe, coba deh kamu posisikan diri kamu dan mulai untuk selalu mengingat mengucapkan kata ‘tolong’ setiap meminta bantuan.

(3) “Sorry” “Maaf”

Ada yang bilang bahwa kata ‘maaf’ adalah kata yang paling sulit buat dikatakan. Soalnya, kata maaf identik dengan kita yang mengakui rasa ‘bersalah’ kita. Kata maaf juga sulit keluar karena ego kita yang cenderung tinggi banget dan anti banget kelihatannya buat mengakui kesalahan. Padahal mengucapkan kata maaf bukan selalu berakibat buruk.

Kata maaf bila kamu ucapkan akan bisa memperbaiki hubungan yang tadinya mulai retak. Kata maaf juga membantu kamu untuk menekan ego dan membuat kamu lebih dewasa dari sebelumnya. Mengucapkan maaf bukan berarti kamu kalah, tapi berarti kamu sadar diri dan menghargai sebuah hubungan dengan orang lain.

Sering banget kita ngambek-ngambekan sama teman dekat hanya gara-gara gengsi gamau minta maaf.. hehe, bener kan ? Maka dari itu, jangan malu buat mengucapkan kata ‘maaf’ guys. Percaya deh, kata ‘maaf’ bakal ngebantu kamu banget untuk menjadi lebih baik ke depannya.

(andre)

What's Your Reaction?
Cry Cry
0
Cry
Cute Cute
0
Cute
Damn Damn
0
Damn
Dislike Dislike
0
Dislike
Lol Lol
0
Lol
Like Like
0
Like
Love Love
0
Love
Win Win
0
Win
WTF WTF
0
WTF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MENJADI LEBIH BAIK DENGAN 3 KATA SEDERHANA

log in

Become a part of our community!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Join Komunitas Anak SMA

Back to
log in
Choose A Format
Personality quiz
Trivia quiz
Poll
Story
List
Meme
Video
Audio
Image
All for Joomla All for Webmasters